alfigurufisika.blogspot.com

selamat datang di blog saya, disini kita bisa belajar banyak materi, contoh soal, dan latihan. selain itu juga disediakan artikel ilmiah yang dapat didownloah secara gratis

alfigurufisika.blogspot.com

Senin, 29 Oktober 2012

Menguraikan Vektor yang membentuk sudut

Menguraikan Vektor yang membentuk sudut

Salah satu materi pada pembahasan vektor adalah menguraikan sebuah vektor yang membentuk sudut menjadi komponen-komponennya terhadap sumbu x dan sumbu y. Kesalahan yang sering dilakukan oleh peserta didik adalah menentukan dimana komponen yang mengandung nilai cosinus dan komponen yang mengandung nilai sinus.
Gambar di samping merupakan contoh dari permasalahan tersebut.  Sebuah vektor V membentuk sudut 30 derajat terhadap sumbu x. Peserta didik diminta untuk menentukan besar komponen vektor V  pada sumbu x maupun pada sumbu y. Bagi peserta didik yang penguasaan konsep matematikanya matang, adalah hal mudah untuk mengerjakan persoalan tersebut. lalu bagaimana dengan peserta didik yang konsep matematika kurang atau bahkan tidak tahu. Dari pengalamaan membimbing siswa,  selalu dihadapkan pada pertanyaan “Pak bagaimana cara mengetahui letak sin cos nya ?….. ironis memang,….tapi  itu fakta.
Lagi-lagi saya harus menjelaskan pada peserta didik keluar dari akidah fisika, yaitu “Kuasai Konsep”. ya…tidak bisa dipungkiri, begitu guru bicara konsep, ada siswa yang alergi. Guru biasanya merasa apa yang diberikan sudah paling jelas, dengan suara keras, intonasi teratur, frekuensi dibuat sedemikian peserta didik senang mendengarnya. Itu baru menurut si guru,… samakah menurut persepsi siswa……maaf saya tidak bisa menjawab.
Di sini yang saya lakukan hanyalah bagaimana membuat siswa selalu ingat apa yang saya sampaikan dalam memahami persoalan ini. lalu saya mulai cerita lagi,….Nah, kalau sudah bicara cerita biasanya peserta didik lebih serius mendengarnya. Saya awali dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik,…”Apakah di antara kalian ada yang kos, atau semua rumahnya dekat dengan sekolahan ?…… beberapa peserta didik menjawab saya kos Pak.
Nah, saya lalu melanjutkan pertanyaan, ….. lebih enak mana kos dekat  sekolahan apa kos yang jauh dari sekolahannya?…..serentak menjawab,…”ya enak dekat sekolahan Pak, buat apa kos, kalau masih jauh juga”…..
Oke, sekarang lihat gambar di papan tulis,  (seperti pada gambar di atas),….Anggap saja bahwa vektor V adalah jalan yang berada antara sumbu x dan sumbu y, dan sudut 30 (atau sudut berapapun) Anda anggap sebagai sekolahan…dimana letak Cos nya ?……tanpa pikir panjang peserta didik menjawab ya di sumbu X Pak. ….Kenapa ?,……karena dekat dengan sekolahan.
…Sambil menenangkan peserta didik, saya lalu menegaskan.
Ingat !!!!! …ingat…..Cos tidak identik dengan sumbu x, artinya tidak setiap yang mengandung x selalu cos, dan tidak setiap yang mengandung y selalu sin, Tapi….Perhatikan letak sudutnya !! …..Yang jelas yang dekat dengan sekolahan (dekat dengan sudut) pasti cos,..yang jauh ya berarti sin.
Bagaimana ? Apakah menurut Anda tambah sulit,……kalau ya, ….. tidak usah dipakai, ini hanya sebuah solusi bagi peserta didik yang kalau dengar kata konsep jadi alergi.
Sekian dulu, ……sampai jumpa.

Sumber : http://teguhsasmitosdp1.wordpress.com/2010/06/22/menguraikan-vektor-yang-membentuk-sudut/

0 komentar:

Posting Komentar