Menguraikan Vektor yang membentuk sudut
Salah satu materi pada pembahasan
vektor adalah menguraikan sebuah vektor yang membentuk sudut menjadi
komponen-komponennya terhadap sumbu x dan sumbu y. Kesalahan yang sering
dilakukan oleh peserta didik adalah menentukan dimana komponen yang
mengandung nilai cosinus dan komponen yang mengandung nilai sinus.
Gambar
di samping merupakan contoh dari permasalahan tersebut. Sebuah vektor V
membentuk sudut 30 derajat terhadap sumbu x. Peserta didik diminta
untuk menentukan besar komponen vektor V pada sumbu x maupun pada sumbu
y. Bagi peserta didik yang penguasaan konsep matematikanya matang,
adalah hal mudah untuk mengerjakan persoalan tersebut. lalu bagaimana
dengan peserta didik yang konsep matematika kurang atau bahkan tidak
tahu. Dari pengalamaan membimbing siswa, selalu dihadapkan pada
pertanyaan “Pak bagaimana cara mengetahui letak sin cos nya ?….. ironis
memang,….tapi itu fakta.
Lagi-lagi saya harus menjelaskan pada
peserta didik keluar dari akidah fisika, yaitu “Kuasai Konsep”. ya…tidak
bisa dipungkiri, begitu guru bicara konsep, ada siswa yang alergi. Guru
biasanya merasa apa yang diberikan sudah paling jelas, dengan suara
keras, intonasi teratur, frekuensi dibuat sedemikian peserta didik
senang mendengarnya. Itu baru menurut si guru,… samakah menurut persepsi
siswa……maaf saya tidak bisa menjawab.
Di sini yang saya lakukan hanyalah
bagaimana membuat siswa selalu ingat apa yang saya sampaikan dalam
memahami persoalan ini. lalu saya mulai cerita lagi,….Nah, kalau sudah
bicara cerita biasanya peserta didik lebih serius mendengarnya. Saya
awali dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik,…”Apakah di
antara kalian ada yang kos, atau semua rumahnya dekat dengan sekolahan
?…… beberapa peserta didik menjawab saya kos Pak.
Nah, saya lalu melanjutkan pertanyaan,
….. lebih enak mana kos dekat sekolahan apa kos yang jauh dari
sekolahannya?…..serentak menjawab,…”ya enak dekat sekolahan Pak, buat
apa kos, kalau masih jauh juga”…..
Oke, sekarang lihat gambar di papan tulis, (seperti pada gambar di atas),….Anggap saja bahwa vektor V adalah jalan yang berada
antara sumbu x dan sumbu y, dan sudut 30 (atau sudut berapapun) Anda
anggap sebagai sekolahan…dimana letak Cos nya ?……tanpa pikir panjang
peserta didik menjawab ya di sumbu X Pak. ….Kenapa ?,……karena dekat
dengan sekolahan.
…Sambil menenangkan peserta didik, saya lalu menegaskan.
Ingat !!!!! …ingat…..Cos tidak identik
dengan sumbu x, artinya tidak setiap yang mengandung x selalu cos, dan
tidak setiap yang mengandung y selalu sin, Tapi….Perhatikan letak
sudutnya !! …..Yang jelas yang dekat dengan sekolahan (dekat dengan
sudut) pasti cos,..yang jauh ya berarti sin.
Bagaimana ? Apakah menurut Anda tambah
sulit,……kalau ya, ….. tidak usah dipakai, ini hanya sebuah solusi bagi
peserta didik yang kalau dengar kata konsep jadi alergi.
Sekian dulu, ……sampai jumpa.
Sumber : http://teguhsasmitosdp1.wordpress.com/2010/06/22/menguraikan-vektor-yang-membentuk-sudut/
Sumber : http://teguhsasmitosdp1.wordpress.com/2010/06/22/menguraikan-vektor-yang-membentuk-sudut/
0 komentar:
Posting Komentar